Twitter

Minggu, 06 Oktober 2013

Analisis Kinerja Sistem Informasi Sumber Daya Manusia (SDM) di Bank BJB




ANALISIS KINERJA SISTEM


KELOMPOK 4 :

Devi Tantowi Khoeruman
Eka Fitri Rahayu
Gunarwin Ardhi Rukmana
Irma Leofany Tambunan
Jatnika Sari


KELAS: 4KA01 
A. Pengertian Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau biasa disingkat menjadi SDM adalah potensi yang terkandung dalam diri manusia untuk mewujudkan perannya sebagai makhluk sosial yang adaptif dan transformatif yang mampu mengelola dirinya sendiri serta seluruh potensi yang terkandung di alam menuju tercapainya kesejahteraan kehidupan dalam tatanan yang seimbang dan berkelanjutan. Dalam pengertian praktis sehari-hari, SDM lebih dimengerti sebagai bagian integral dari sistem yang membentuk suatu organisasi.
Sistem adalah suatu kesatuan yang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang tertentu.

Maka, sistem informasi SDM adalah suatu kesatuan yang menyediakan informasi yang digunakan dalam pembuatan keputusan sumber daya manusia.

 
B. Profil Bank BJB 
Bank BJB dahulu dikenal dengan Bank Jabar Banten adalah bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten yang berkantor pusat di Bandung. Bank ini didirikan pada tanggal 20 Mei 1961 dengan bentuk perseroan terbatas (PT), kemudian dalam perkembangannya berubah status menjadi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Saat ini Bank BJB memiliki 62 Kantor Cabang Pembantu, 14 Kantor Kas, 987 ATM BJB, 104 Payment Point, 4 Kantor Wilayah dan 473 Waroeng BJB.
1. Profil Divisi Sumber Daya Manusia
Secara struktur organisasi bank BJB, Divisi SDM berada di bawah koordinasi langsung Direktur Kepatuhan & Manajemen Risiko.

Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan suatu aktivitas pada bank BJB untuk melakukan proses rekruitmen, pendayagunaan, pengembangan, dan pemeliharaan sumber daya manusia secara efektif dan efisien. Demi mendukung visi & misi di bank BJB dalam melaksanakan langkah-langkah strategis yang tepat untuk bersaing di pasar global, maka fungsi SDM dituntut untuk dapat memposisikan perannya di dalam perusahaan.
Sumber Daya Manusia bank BJB harus menempatkan fungsinya mendukung unit bisnis & support dengan peran sebagai berikut :
  • Mitra Bisnis Strategis : mempunyai kemampuan dalam menterjemahkan strategi bisnis yang ditetapkan perusahaan menjadi tindakan-tindakan dalam pengelolaan SDM yang fokus untuk menunjang pencapaian kinerja setiap unit kerja.
  • Tertib Administrasi : memiliki data-data kepegawaian yang akurat & berguna bagi proses pengelolaan SDM.
  • Agen Perubahan : mampu menjadi katalisator proses perubahan yang dicanangkan oleh perusahaan secara efektif.,
  • Budaya Perusahaan : Sesuai dengan corporate values  bank BJBGO SPIRIT”, pegawai harus bisa mengimplementasikan budaya perusahaan dalam segala aktivitas pekerjaan. Budaya perusahaan bank BJB memiliki 14 butir perilaku, sebagai berikut:
    • Ramah, Tulus, Kekeluargaan
    • Selalu memberikan pelayanan prima
    • Cepat, tepat, dan akurat
    • Kompeten & bertanggung jawab
    • Memahami & melaksanakan ketentuan perusahaan
    • Konsisten, disiplin, dan penuh semangat
    • Menjaga citra bank melalui perilaku terpuji & menjunjung tinggi etika
    • Fokus pada nasabah
    • Peduli pada lingkungan
    • Memberikan solusi yang terbaik
    • Berkeinginan kuat untuk mengembangkan diri
    • Menyukai perubahan yang positif
    • Menumbuhkan transparansi, kebersamaan, dan kerjasama yang sehat
    • Menjaga rahasia bank & perusahaan
Skema manajemen SDM dapat dilihat pada gambar di bawah ini :



2. Grup Perencanaan & Pengembangan SDM
Divisi SDM terbagi menjadi 2 grup utama sebagai berikut :



Grup Perencanaan & Pengembangan SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :
  • Perencanaan : Merencanakan kebutuhan SDM dengan baik sesuai dengan kebutuhan bisnis perusahaan, mengembangkan & mendorong karir pegawai berdasarkan kompetensi & kinerjanya melalui berbagai kegiatan pembinaan & kesempatan pengisian jabatan.
  • Rekruitmen :Melakukan proses seleksi, rekrutmen & penempatan secara efektif untuk mengisi kebutuhan perusahaan.
  • Pengembangan : Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk program pengembangan karyawan secara periodik.



3. Grup Administrasi SDM



Dalam proses manajemen SDM, Grup Administrasi SDM memiliki tugas utama sebagai berikut :

  • Administrasi & Hubungan Kepegawaian : Melakukan proses Administrasi kepegawaian secara tertib administrasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  • Sistem Informasi SDM : Mengelola Database kepegawaian dan proses administrasi melalui HRIS yang mampu mendukung kebutuhan operasional & penetapan kebijakan bidang SDM.

  • Kompensasi & Pensiun : Pembayaran hak-hak untuk pegawai baik selama aktif maupun setelah masa bakti berakhir sesuai ketentuan dan regulasi yang berlaku.
  • Outsourcing / PKWT : Untuk lebih mendukung kinerja perusahaan dan pelaksanaan fungsi-fungsi dan rantai pekerjaan, maka dibutuhkan support yang dilaksanakan melalui tenaga outsourcing / PKWT.

0 komentar:

Posting Komentar