Twitter

Jumat, 04 Mei 2012

Ingin Motor Menjadi Lebih Kencang?

Hai sahabat bikers. Sedikit memperkenalkan diri dulu yah supaya lebih akrab. Hehe.. Saya mahasiswa Universitas Gunadarma jurusan sistem informasi. Walapun begitu, saya punya pengalaman dengan yang namanya mesin, karena dulu saya sempat bercita – cita ingin menjadi seorang mekanik. Tapi sekarang malah kuliah tentang ilmu komputer. Jadi agak tersendat minat dan hobinya. Hehe,
Di sini saya ingin berbagi pengalaman sekaligus informasi mengenai cara agar motor kita lebih kencang melajunya. Beberapa tips sederhana yang saya ketahui, mudah – mudahan bisa menjadi referensi buat kalian. Berikut ini adalah bagian – bagian yang akan mempengaruhi lari motor kalian, yang bisa kalian modifikasi sesuai dengan keinginan dan kemampuan (terutama isi kantong) haha.. Langsung saja kita lihat bagian – bagian tersebut.

  1. Piston. Nah teman – teman,  agar motor kita menjadi lebih cepat lajunya, berat piston harus dikurangi agar tenaga yang dibutuhkan untuk melawan berat piston lebih kecil. Untuk mengurangi berat pistonnya, kita cukup memotong bagian bawah dari piston. Tetapi harus sesuai dengan ketentuan, karena setiap motor tidak sama.
  2. Kepala Silinder. Ya, kompresi ruang bahan bakar sangat menentukan tenaga yang dihasilkan. Untuk mempertinggi kompresi ruang bakar kita bisa mengurangi volume ruang bakar. Caranya dengan menggerinda kepala silinder sehingga ruang bakar berkurang dan kompresinya meningkat.
  3. Sistem Kelistrikan. Kita naikkan sistem kelistrikannya menjadi 12 volt, yang biasanya sistem kelistrikan motor itu hanya 6 volt.
  4. Roda Gigi. Kita bisa mengganti roda gigi belakang dengan ukuran diameter yang lebih kecil. Jangan lupa rantai pun harus dipotong dan distel kembali.
  5. Lubang Pembilasan. Kita bisa memperluas lubang pembilasan, tetapi harus tetap pada batas-batas tertentu dan disertai pula modifikasi di bagian lain. Jangan sampai salah teman – teman, karena jika salah, motor kita justru jadi rusak nanti. Hehe,
  6. Rocker Arm. Nah, bagian ini berfungsi untuk meneruskan gerakan dari batang penekan atau dari poros pam sehingga katup bisa membuka dan menutup. Rocker arm yang baik itu yang ringan tapi kuat. Tapi pemotongan rocker arm jangan berlebihan, karena akan mengakibatkan rocker arm menjadi mudah patah.

Gimana teman – teman infonya? Semoga bermanfaat yah. Dan mudah – mudahan bisa memberi sedikit gambaran bagi yang ingin motornya menjadi lebih kencang. Jangan lupa periksa dulu isi dompet! Jangan sampai, motor udah dibongkar tapi uangnya kurang. Kan bisa berabe. Haha..
Oke, cukup sekian yah dari saya. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar