Twitter

Sabtu, 03 Maret 2012

Potret Kabupaten Karawang

Karawang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Berbatasan dengan Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Bogor di sebelah barat, Laut Jawa di utara, Kabupaten Subang di timur, Kabupaten Purwakarta di tenggara, serta Kabupaten Cianjur di Selatan. Banyak orang yang belum mengetahui tentang letak Kabupaten Karawang ini, sehingga mereka sering mengaitkan Karawang dengan Bekasi, dikarenakan sejak di bangku sekolah mungkin mereka mendengar Karawang hanya melalui Puisi yang ditulis oleh Chairil Anwar yang berjudul Karawang-Bekasi. Sehingga mereka sering menganggap bahwa Karawang itu berdekatan dengan Bekasi.

Apabila anda berkunjung ke Kabupaten Karawang, sekilas anda akan menilai bahwa Karawang adalah kota yang sempit. Itu semua dikarenakan Kabupaten Karawang memiliki pusat kota yang relatif kecil dan daerahnya yang belum terlalu banyak tersentuh proyek pembangunan seperti Ibu Kota Jakarta. Jika dibandingkan dari luas wilayahnya, Kabupaten Karawang yang memiliki luas wilayah 1.737,30 km2, sedangkan DKI Jakarta hanya memiliki luas wilayah 740,3 km2. Kabupaten Karawang jauh lebih luas bukan?

Kabupaten Karawang memang memiliki pusat kota yang relatif kecil, namun dapat saya katakan bahwa pusat kota tersebut adalah strategis. Di sana kita dapat menemukan berbagai fasilitas mulai dari tempat berbelanja(seperti pasar modern, pasar swalayan), toko emas, toko pakaian, bengkel otomotif(Mobil, motor), percetakan, dll.
Dari keseluruhan fasilitas tersebut, kita tidak dipusingkan dengan harusnya mencari ke daerah yang berjauhan. Misalnya: anda sedang mencari suatu barang untuk dibeli di suatu toko, namun di toko yang anda cari tidak ada, maka anda dapat mencarinya di toko-toko lain yang jaraknya tidak berjauhan dari toko tersebut. Namun jika anda sudah mencari di semua toko di daerah tersebut dan ternyata tidak ada, terpaksa anda harus mencarinya di daerah lain. Karena sudah saya katakan tadi, Karawang hanya memiliki pusat kota yang hanya di situ-situ saja. Namun sekarang ini dapat saya perhatikan, Kabupaten Karawang dalam proses pembangunan, karena banyak dibangun fasilitas-fasilitas baru untuk kepentingan masyarakat, sekaligus memberi kenyamanan yang lebih.

Dari keseluruhan luas wilayah yang dimiliki Kabupaten Karawang, terdapat beberapa suguhan wisata alam, seperti Pantai Tanjung Baru, Pantai Tanjung Pakis, dan tempat wisata yang menjadi kebanggaan di tempat ini adalah Curug Cigentis. Wisata air terjun Curug Cigentis ini merupakan salah satu dari ke-7 tingkatan curug yang berada di Gunung Loji, Kaki Gunung Sanggabuana, tepatnya terletak di Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru yang berjarak sekitar 44 km dari Pusat Kota Karawang. Selain masih alami, curug ini pun sekaligus menjadi simbol dari sisa-sisa hijaunya Karawang ditengah semakin panasnya sebagian besar wilayah Karawang. Terdapat pula beberapa curug yang terdapat di lokasi ini, seperti Curug Cipanundaan, Curug Bandung, Curug Cikarapyak, dan Curug Cikoleangkap. Tempat wisata alam ini diharapkan mampu untuk terus dikembangkan, diperkenalkan kepada wisatawan(lokal maupun domenstik), serta mampu terus dilestarikan agar terjaganya keindahan alam Indonesia, khususnya Kabupaten Karawang ini.
Curug Cigentis




















Sumber: Wikipedia Bahasa Indonesia

1 komentar:

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar